Jumat, 13 November 2015

Ikan Asin Yang Paling Enak

Siapa sich yang tidak tergoda saat mencium aroma olahan ikan asin? Ikan asin memang bukan makanan yang mahal, bahkan bisa dikatakan sangat murah dan terjangkau untuk semua kalangan. Namun tahukah Anda jika ikan asin termasuk makanan yang lezat dan bergizi tinggi. Bahkan dibalik harga ikan asin yang murah, tersimpan kandungan gizi yang besar, yang diantaranya : Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi, energi, lemak, dan masih banyak yang lainnya. Ikan asin bisa kita dapatkan dengan mudah di warung-warung tukang sayur, maupun pasar tradisional.
Tidak lengkap rasanya bila kita liburan ke suatu tempat wisata tidak membeli oleh-oleh sebagai  buah tangan untuk saudara atau teman,Kalau liburan ke Pantai Pangandaran jangan lupa dengan oleh-oleh khas pantainya, yaitu Ikan Asin Jambal Roti.Salah satu jenis ikan asin ikan asin yang paling enak dan sudah sangat di kenal masarakat. Jambal Roti merupakan produk hasil fementasi garam yang di buat dari ikan Manyung ( Arius thalassinus).
Istilah Jambal Roti menurut keterangan lisan dari beberapa pedagang ikan khususnya di Pangandaran,Pekalongan, Cirebon , dan Cilacap di gunakan karena daging Jambal Roti yang telah di goreng akan mudah hancur seperti roti. Ikan Asin jambal roti juga sangat bergizi dan mempunyai protein yang tinggi, ikan asin jambal roti ini diproses dengan cara alami, profesional, higenis.
Ikan Asin Jambal Roti sudah sangat terkenal dan merambah ke berbagai daerah di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan Sumatera.Karena selain enak rasanya ikan asin jambal roti juga bisa dijadikan bermacam-macam jenis masakan hal tersebut membuat ikan ini menjadi ikan asing paling enak di Indonesia.

Ikan asin yang tidak kalah enaknya adalah Teri Medan yang sudah banyak dikenal masyarakat pada umumnya. Karena selain bergizi tinggi teri medan juga bisa dikonsumsi oleh segala usia karena teksturnya yang begitu gurih dan dengan rasa yang tidak kalah enak dengan ikan asin lainnya.
Ikan Cumi- Cumi adalah ikan yang sudah banyak dikenal bagi penduduk indonesia karna ikan yang terasa gurih ini juga mudah didapat, akan terasa lebih enak jika dibuat ikan asin.
Ikan Teri, rasanya yang enak dan mudah didapat, juga gampang diolah membuat ikan ini memang tidak salah jika menjadi pilihan bagi pecinta ikan asin.
Ikan Ketamba, ikan yang familiar bagi beberapa orang. biasanya ikan ini mudah ditemui di pelelangan ikan (Bagian Ikan Asin). Dagingnya yang lunak juga rasanya yang enak membuat ikan ini masuk ke dalam kategori ikan asin yang enak lainnya.
Gurita, hewan yang biasa ditemukan di pinggiran pantai ini ternyata dapat dijadikan ikan asin. Rasanya lumayan jika dibandingkan ikan asin yang lain.
Bukan cuma ikan laut yang cocok dijadikan ikan asin. Beberapa jenis ikan air tawar juga enak diasinkan dan dikeringkan, lalu diolah menjadi berbagai macam sajian lezat. 
Berdasarkan informasi yang dirangkum dari berbagai sumber, inilah jenis ikan air tawar yang bisa diolah menjadi ikan asin.
Gabus (Channa striata) dikenal juga dengan sebutan haruan atau snakehead karena kepalanya seperti ular. Gabus liar yang ditangkap di sungai, danau, dan rawa di Sumatera dan Kalimantan biasanya diasinkan sebelum dijual ke pulau lain. Gabus asin adalah salah satu ikan kering yang cukup mahal harganya.
Sepat masih satu famili dengan gurami. Habitat ikan ini di rawa, danau, sungai, dan parit berair tenang. Jika banjir, ikan ini sering terbawa ke kolam, saluran air, dan sawah dalam jumlah banyak. Karena mudah ditangkap dan jumlahnya melimpah saat musim banjir, sepat biasa diawetkan dengan diasinkan. Jenis sepat yang biasa diasinkan adalah sepat rawa (Trichogaster trichopterus) atau sepat siam (Trichogaster pectoralis).
Ikan bulu ayam memiliki nama ilmiah Moustached thryssa atau Thryssa mystax. Selain di Indonesia, ikan bulu ayam asin juga populer di Malaysia. Biasanya ikan asin ini ditumis atau dimasak dengan sambal.
Ikan kapas-kapas (Gerres punctatus) berwarna perak dengan sirip memanjang di punggung dan sirip bagian depannya paling panjang. Ikan kapas asin enak dimasak balado.

Tetapi bagi saya ikan asin apapun akan terasa enak bila ditemani sambal dan sayur asem yang nikmat. Hem, yummi J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar